Objek Wisata Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu merupakan objek wisata Bali yang akan membuat anda terpesona ketika melihatnya. Objek wisata ini terletak di ujung selatan Bali. Salah satu destinasi wisata yang ada di Uluwatu adalah Pura Uluwatu. Pura Uluwatu tersebut berlokasi di tempat yang cukup strategis dan mudah dijangkau dari objek wisata lainnya. Tepatnya, pura sakral tersebut terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, anda bisa menempuhnya kira-kira selama satu jam dari bandara Ngurah Rai Denpasar Bali, cukup terjangkau bukan! Pura unik yang didesain diatas batukarang terjal hingga mencapai 70 meter tersebut lebih menjorok ke pelataran pantai sehingga hamparan birunya air laut berpadu dengan sakralnya pura akan menjadi sajian menarik di episode liburan anda. Namun, anda harus berhati-hati dengan monyet-monyet yang ada disana karena bisa saja barang-barang bawaan anda menjadi sasarannya.

Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak Uluwatu

Unik dan menarik, itulah kata yang akan terungkap ketika anda mengunjungi wisata ke Bali yang satu ini. Di sekitar lokasi pura biasanya sering diadakan pertunjukan tari Kecak yang diiringi oleh beberapa group penari laki-laki. Sajian tari kecak tersebut akan semakin mempesona karena anda akan disuguhkan dengan sajian alami sunset yang sangat indah dan mengagumkan. Anda dapat menikmati kombinasi sajian tari kecak dengan pemandangan background sunset tersebut pada sore hari. Kegiatan tersebut biasanya dimulai pada pukul 18.00 selama dengan 1 jam dini hari. Sebagai penonton, kadang-kadang anda juga akan turut serta berinteraksi untuk mengikuti gerakan yang sedang dimainkan oleh para ahli seni tari kecak tersebut. Pemomena inilah yang membuat Uluwatu menjadikan salah satu objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Bagimana dengan akomodasi yang ada disana? Akomodasi penting yang biasanya anda perlukan seperti hotel, restoran, penginapan dan villa memang sudah disediakan secara khusus. Disamping itu, anda juga bisa menyantap berbagai pilihan menu yang sangat bervariasi, mulai masakan lokal khas Bali sampai dengan masakan dari negara lain sekalipun, jadi anda dapat dengan bebas memilih menu yang anda mau dengan harga yang cukup terjangkau. Tempat wisata nan romantic untuk bulan madu di Bali.

Sejarah Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu dari pura yang memiliki status sebagai Pura Sad Kahyangan Jagat, yaitu Pura yang dianggap sebagai penyangga poros mata angin di Pulau Bali. Pura ini telah dibangun sejak abad ke-11 oleh Mpu Kuturan. Ketika itu, Pura Luhur Uluwatu menjadi tempat pemujaan bagi Dewa Rudra untuk memohon keselamatan. Selain membangun sebuah pura, Mpu Kuturan juga dipercaya juga mewariskan aturan dan tata-tertib bagi desa-desa adat di sekitar pura yang masih dikenal hingga saat ini. Sekitar empat abad kemudian, sekitar abad ke-16, Dang Hyang Nirartha, seorang penyebar agama Hindu dari Jawa Timur memutuskan untuk moksa (menyatu dengan atau kembali keharibaan dewata) di pura ini. Dalam bahasa setempat moksa juga disebut ngeluhur.

2 Responses to “Objek Wisata Uluwatu”

  1. […] bisa menikmati pemandangan sunset yang indah di atas tebing melihat matahari terbenam di sebelah Pura Luhur Uluwatu sembari melihat Tari Kecak di Uluwatu atau anda bisa menambahkan Tari Kecak di dalam paket tour […]

  2. […] Kebo Iwa pun setuju untuk datang ke tanah jawa. Patih Kebo Iwa pun melakukan upacara keagamaan di Pura Luhur Uluwatu, untuk meminta petunjuk dan persetujuan dari Baginda Sri Astasura Bumi Banten, danpada saat itu ia […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: