Objek Wisata Tanahlot

Bali memiliki sebuah pura yang terletak di atas sebuah bongkahan batu yang besar yang terpisah dengan daratan Pulau Bali. Pura ini bernama Pura Luhur Tanahlot. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke sini, karena ke-unikannya Tanahlot. Di sini ada dua buah Pura yang berada di Tanah Lot, yaitu Pura yang terletak di atas bongkahan batu dan sebuah Pura yang berada di atas tebing yang mengarah ke laut seperti Pura Luhur Uluwatu.

Pura Luhur Tanahlot

Pura Luhur Tanahlot

Sejarah Pura Luhur Tanahlot

Menurut legenda yang di ceritakan oleh masyarakat di Desa Beraban Tanahlot. Dahulu kala Pura Tanahlot di bangun pada Abad ke-16 oleh seorang pemuka agama Hindu yang bernama Danghyang Nirartha. Ia merupakan seorang Pendeta yang berasal dari Blambangan di Jawa Timur, dan kharisma dari¬† Danghyang Nirartha terkenal hingga daerah Pulau Lombok dan ia juga dikenal dengan sebutan “Tuan Semeru”, yang juga merujuk pada sebuah nama gunung di Jawa Timur, yaitu Gunung Semeru.

Danghyang Nirartha datang ke daerah Tanahlot karena mengikuti petunjuk sinar suci yang mengantarkannya ke daerah ini, akhirnya Danghyang Nirartha bersama pengawalnya datang ke daerah ini dan menemukan sebuah mata air suci. Dan disanalah ia dan pengawalnya melakukan penyembahan terhadap Dewa dan menyebarkan Agama Hindu di daerah tersebut.

Namun, kegiatan yang Danghyang Nirartha lakukan tidak begitu banyak mendapat simpati masyarakat setempat terutama pemimpin Desa Beraban, yaitu Bendesa Beraban Sakti. Bersama para pengikutnya, ia memutuskan untuk menyerang Danghyang Nirartha agar pindah dari tempat tersebut. Danghyang Nirartha kemudian melindungi diri dengan memindahkan batu karang tempatnya melakukan kegiatan meditasi ke tengah laut dan menciptakan ular laut berbisa dari selendangnya yang bertujuan untuk melindungi tempat tersebut. Bongkahan batu karang yang dipindahkan inilah yang kemudian disebut tanah lot.

Karena takjub atas kesaktian dari Danghyang Nirartha, maka Bendesa Adat Desa Beraban pun menjadi pengikut setia dari Danghyang Nirartha. Dan karena kesunguhannya mendalami ilmu, maka Danghyang Nirartha menghadiahi ia sebuah Keris Sakti yang bernama ” Jaramenara “, hingga saat ini keris tersebut masih di simpan di Puri Kediri. Hingga saat ini ular suci tersebut masih ada, ia di percaya untuk menjaga Pura Luhur Tanahlot. Jika anda datang ke Tanahlot sempatkan untuk mampir kesini yah.

Lokasi

Pura Luhur Tanahlot berada di Kabupaten Tabanan Bali, jika anda datang dari arah Bandara I Gusti Ngurah Rai, anda bisa melalui jalan di Desa Canggu atau melintasi jalan melewati Desa Mengwi. Jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 60 menit berkendara, jika tidak macet yah :). Selama perjalanan menuju Tanahlot jika anda melewati Desa Canggu, anda akan melihat banyak persawahan yang indah di sisi kanan dan kiri anda.

Kami biasa merangkai paket tour dengan memasukan opsi Tanahlot pada sore hari, hal ini bertujuan untuk melihat pemandangan sunset di Tanahlot, kalian harus coba yah….

One Response to “Objek Wisata Tanahlot”

  1. Brillie says:

    Arrgghh,,, aku jadi pingin ke Bali setelah baca postingan tanah lot ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: