Objek Wisata Kintamani

Kintamani merupakan sebuah objek wisata yang sangat terkenal hingga mancanegara. di sini anda bisa menemukan Gunung yang masih aktiv yaitu Gunung Batur dan Danau Batur yang menjadi danau terluas di Bali. Selain pemandangannya yang indah, di kintamani anda bisa menemukan berbagai hasil pertanian yang banyak, antara lain seperti Jeruk Bali, Terong Belanda, Markisa, Rambutan, dan hasil pertanian lainnya.

Objek Wisata Kintamani

Objek Wisata Kintamani

Sejarah Objek Wisata Kintamani

Gunung Batur dan Danau Batur

Gunung Batur memiliki sebuah kaldera yang sangat besar dengan ukuran 13,8 x 10 kilometer dan kaldera ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m – 2152 m puncaknya berada diĀ  Gunung Abang yang berada di sebelahnya. Pada kaldera pertama terbentuk juga kaldera kedua yang berbentuk melingkar dengan garis tengah lebih kurang 7 kilometer. Dasar pada kaldera kedua terletak antara 120 – 300 meter lebih rendah dari undak kintamani yaitu pada dasar kaldera pertama. Di dalam kaldera tersebut terdapat danau yang mirip berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara yang panjangnya sekitar 7,5 kilometer, lebar maksimum 2,5 kilometer, kelilingnya sekitar 22 kilometer dan luasnya sekitar 16 kilometer persegi yang yang dinamakan Danau Batur. Kaldera pada Gunung ini diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar, 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu

Desa Trunyan

Di Kintamani, terdapat sebuah desa yang sangat unik, yaitu Desa Trunyan. Di sini apabila ada seorang rakyat yang meninggal, maka ia tidak akan di kubur atau di bakar ( aben ) seperti masyarakat hindu lainnya, tetapi sang mayat akan di letakan begitu saja di bawah sebuah pohon yang bernama Taru Menyan. Konon dahulu kala pohon ini memiliki we-wangian yang sangat harum, dan keharumannya sampai pelosok pulau jawa bagian timur. Pohon ini lah yang menyerap bau bangkai dari mayat-mayat tersebut sehingga tidak tercium baunya. Namun kini, pohon tersebut tidak mengeluarkan bau lagi, hanya saja bau busuk dari sang mayat tidak tercium, mungkin masih terhisap oleh pohon yang menjulang tinggi ini.

Lokasi

Kintamani ialah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Bangli Bali, kintamani berada di dataran tinggi Bali, sehingga suhu udara di daerah ini bisa mencapai 14 Derajat Celcius pada saat musim dingin. Untuk menuju Kintamani anda harus berkendara kurang lebih sekitar 1,5 jam hingga 2 jam perjalanan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Jika anda memilih perjalanan melalui Desa Ceking Tegalalang anda akan di suguhi pepohonan dan persawahan yang indah sepanjang perjalanan, selain itu anda juga akan melihat perkebunan milik rakyat sebelum tiba di Kintamani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: