Bandara I Gusti Ngurah Rai di Tutup, Dampak Gunung Raung

Akhibat erupsi dari Gunung Raung, sejumlah bandara mengalami efeknya, yaitu penutupan jam operasi kerja. Hal ini berdampak tidak adanya penerbangan dari dan menuju bandara tersebut. Menurut laporan yang kami himpun ada beberapa bandara yang mengalami penutupan sementara melalui press release NOTAM ( Notice to Airman ) dari kementrian perhubungan, antara lain : Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bandara Internasional Lombok, Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Bandara Notohadinegoro Jember.

VA Area by : Ibnu Bulus Jimbung Klaten

VA Area by : Ibnu Bulus Jimbung Klaten

Notam WADD - WADL VA Area by : Ibnu Bulus Jimbung Klaten

Notam WADD – WADL VA Area by : Ibnu Bulus Jimbung Klaten

Menurut pihak lion air yang di sampaikan oleh Bapak Edward, pihak Lion Air juga melakukan pembatalan penerbangan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Internasional Lombok, seluruh penumpang yang penerbangannya dipostponed akan diberangkatkan esok hari dan diberikan fasilitas penginapan di hotel, dan apabila ada penumpang yang ingin membatalkan penerbangannya maka kami juga memberikan fasilitas refund tanpa potongan. Adapun beberapa penerbangan lion air yang mengalami pembatalan ialah :

  • Surabaya – Denpasar – Surabaya
  • Cengkareng – Denpasar – Cengkareng
  • Jogja – Denpasar – Jogja
  • Surabaya – Lombok – Surabaya
  • Cengkareng – Lombok – Cengkareng
  • Jogjakarta – Lombok – Jogjakarta
  • Bandung – Denpasar – Bandung

Selain itu beberapa maskapai lainnya juga ikut terimbas karena penutupan bandara ini, antara lain Garuda Indonesia, Indonesia Airasia, Citilink dll

Gunung Raung

Gunung Raung merupakan sebuah gunung berapi yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia dan mempunyai ketinggian setinggi 3.332 meter. Gunung Raung mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Puncak Gunung Raung merupakan puncak tertinggi dari kawasan Pegunungan Ijen. Gunung ini termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Hal serupa pun mengingatkan kita perihal letusan Gunung Kelud yang juga menutup akses beberapa bandara di jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: